Santri Wati

                                                 SANTRI WATI                                                         


    Santri,banyak orang bilang seorang santri itu pasti jadul,kudet(kurang   update),terlalu agamis dan masih banyak lagi julukan dari orang-orang di luar sana terhadap santri.Padahal yang terjadi di dalam sana”kreatif itu ya santri” jadi,kenali kita dahulu sebelum berpendapat karena tak kenal maka tak sayang,tak nyantri maka tak tau.
   (Pagi yang cerah di sebuah pondok pesantren ternama kota Cirebon)
  Aku Habibah,siswi kelas XI MAN Cirebon(Madrasah Aliyah Negri Cirebon)sekaligus santri di PP.Miftahul Huda Cirebon dan aku berasal dari Jawa Timur.Pagi ini seperti biasa,rutinitas ku adalah berdiri di depan pintu kamar mandi bersama gayung yang berisikan peralatan mandi tentunya.Yup,betul sekali! Saat ini aku sedang mengantri mandi,dan yang di dalam sana adalah sahabatku “Hana” dia sangat terkenal karena mandi nya yang supeeeer lama(sambil siap-siap menggedor pintu kamar mandi)
 “Hanaa,masih dalu mboten sih(Hanaa,masih lama engga sih)?Tanya Bibah
“Engga Bibah ih,sabar napa”.Jawab Hana
  Kalian pasti langsung tau kalau Hana asli orang Jakarta(betawi).
 “Hana niku loh,mboten dalu tapi dalu(Hana itu loh,engga lama tapi lama)dengan ekspresi kesal
“Iya-iya ih gua keluar nih,bawel dah”.Jawab Hana
(Hana keluar dengan tampang yang nyebelin dan pergi gitu aja)
“Hmmm Hanaa awas yo sampean,tak bales nanti(Hmmm Hanaa awas ya kamu,aku balas nanti)
“Hahahaha jangan marah-marah terus Bib,cepet tua lo” Ledek Hana
“BODO AMAT”jawab Bibah(sambil membanting pintu kamar mandi)
  Itulah drama kita berdua setiap pagi,tapi lebih dari itu aku bisa belajar menjadi lebih sabar menghadapi sesuatu.setelah selesai mandi dan siap-siap ke sekolah,kemudian ketika aku sudah sampai di depan gerbang sekolah tiba-tiba ada santri putra yang memanggilku.
“Habibah?
“Dalem,pun nopo nggeh? (iya,ada apa yah?)
“Mmm Bib,ngomong Indonesia aja ya? Saya ga ngerti bahasa jawa (sambil garuk-garuk kepala yang tidak gatel)
“Oalah,iya-iya maaf,ada apa zam? Tanya Bibah
   Santri putra itu bernama Muhammad Zam-Zam.Satu angkatan dengan ku,satu pondok pesantren,dan satu kepengurusan.
 “Bah,saya minta tolong kasih tau ke semua pengurus putri kalau nanti malam setelah dirosah(sekolah madrasah) kumpulan pengurus saya di suruh bang Tamam buat menyampaikan nya”.Jelas Zam-zam
“Udah itu aja? Tanya Bibah
“Hmm(sambil garuk-garuk tengkuk yang tidak gatel),iya udah itu aja”.Jawab Zam-zam
“Oke,permisi assalamualaikum(langsung pergi)
“Waalaikumussalam(sambil menggerutu)itu cewe ga ada manis-manisnya sama sekali.Mukanya aja cantik,imut tapi juteknyaaaa,hahahaha ko gua ngomongin orang sih (sembari jalan menuju sekolah)
  Di kelas XI IPA 1 (kelas Habibah dan Hana)
“Hanaa(sambil noel-noel)? Tanya habibah
“Apaan sih Bib? Jawab Hana
“Sampean iku loh,aku kih pen ngomong(Kamu itu loh,aku tuh mau ngomong)?
“Iya apa Habibah sayang?ngomong Indonesia aja bisa ga sih bib,aku tuh pusing denger kamu ngomong jawa.
“Iih iya-iya,Han tau ga?
  (Belum sempat melanjutkan eeh Hana udah jawab duluan)
“Ga tau…Hahahahahaha . Ledek Hana
“Iiiiih Hanaaaa,ya udah lah aku ga mau cerita(sambil manyun-manyun ga jelas)
“Eh,iya-iya deh maaf(peluk Hana kepada Habibah)mau cerita apa beb? Tanya Hana
“Itu loh si Zam-zam tadi pagi manggil aku” Jawab Habibah
“Terus? Tanya Hana
“Ya terus dia minta tolong aku kasih tau pengerus putri yang lain kalau nanti malam setelah dirosah ada kumpulan pengurus(jelas habibah)
“Ooh gitu,kayanya buat acara haul bulan depan deh” Jawab Hana
 Haul itu acara untuk merayakan milad(ulang tahun) atau perayaan hari wafat Alm.Bapak kyai sebuah pondok pesantren/yayasan.
“Emang nya haul nya bulan depan Han? Tanya Habibah
“(Dengan malas Hana menjawab)kemane aje lu neng baru tau kabar acara besar kaya gitu,kita ini pengurus harusnya tau lebih awal Habibah” Jawab Hana
“Ya Allah Hana kamu kan tau aku ga terlalu suka jadi pengurus Hana,jadi bawaan nya males ih” Jelas Habibah
“ Jalanin aja kali Bah,entar juga ketemu enaknya”
“Oke deh Hana baweeeel(sambil mencubit pipi chubby Hana) hahahahaha
“Iiiiih Bibah,kebiasaan deh(Dengan muka cemberut Hana langsung pergi ke tempat duduknya)
“Hahahaha”
 Setelah pulang sekolah aku dan Hana langsung turun ke dapur Ibu karena posisi asrama putri ada di atas rumah ibu nyai kita.Ketika sedang mengantri tiba-tiba
 “Habibah? Tanya Hana
“Apa sih? Jawab Habibah
“Bah,masih lama ga sih ngantrinya?
“Masih lah Han,kenapa sih?
“Duuuh(membisikan sesuatu ke kuping Habibah),aku mau buang air kecil Bah,aku ke atas duluan ya? Tanya Hana
“Ya Allah Han,kenapa ga bilang sih??ya udah sana cepetan” Jawab Habibah
“Oke(sambil mengedipkan mata)makasih Habibah sayang”
“(Habibah tersenyum sambil geleng-geleng kepala)’
 Beginilah keseharian kami sebagai santri,meskipun sering berantem tapi justru dari berantem itulah kami belajar saling bertukar fikiran,menyayangi dan tentunya setia kawan.
  Setelah mendapakan jatah makanan,Habibah naik ke atas dengan membawa makan yang beralaskan tutup toples krupuk karena nampan Habibah dan hana hilang.
 “hana,ayo makan” Ajak Habibah
 “Iya Bah( Nengok dan melotot tak percaya)Habibah,ko tempat makan kita jadi kaya gini?
“Hahahaha lucu banget sih ekspresimu Han,anak dapur bilang nampan kita hilang Han” Jelas Habibah
 (Anak dapur itu santri yang dekat dengan Ibu nyai dan ikut bantu-bantu di dapur)
“Ya sudah lah Han biarin aja,yang penting kita masih bisa makan.Sekarang kita terima apa adanya aja toh sama aja bullet kaya nampan,hehehehe inget han masih banyak yang ga bisa makan di luar sana,kita harus banyak bersyukur”

 (Sebenarnya santri putra malah lebih buruk lagi,mereka kadang memakai ember/gayung untuk tempat makan tapi inilah cara kami sebagai santri untuk menikmati dan mensyukuri nikmat yang Allah berikan setiap harinya)
  “(Sambil membalas kumandang adzan isya) Habibah?
“Apa sih Han? Kamu bikin kaget aja deh Han” Jawab Habibah
“Bah,habis dirosah beneran kumpulan pengurus bah? Tanya Hana
“Iya Hana,kenapa sih?
“Bah,kita kan ada tugas sekolah buat besok bah terus dirosah pulang jam 10 habis itu kita musyawaroh(kegiatan belajar bersama) dan itu sampe jam 11.30 kita mau kumpulan jam berapa Bah? Tanya Hana
“Kita kumpulan nya habis pulang dirosah Han,berarti kita ga ikut musyawaroh”Jelas Habibah
“Oke deh,ayo deh Bah kita berangkat dirosah? Tanya Hana
“Ayoo(sambil menggandeng tangan Hana)
  Setelah pulang dirosah aku dan Hana tiduran sebentar setelah itu kami mengganti pakaian kami lalu mengumumkan kepada pengurus yang lain bahwa malam ini kita ada kumpulan pengurus.
“Han,kamu kan pengurus dirosah,sana gih kasih tau anggota kamu buat gantiin kamu ngontrol syawir/musyawaroh sekalian absen” Jelas Habibah
“Iya Bah bentar,lagian kan pengurus putra juga belum manggil kita.Aku ngantuk banget Bah” Jawab Hana
“Hana? (Tanya ketua asrama putri yang bernama Khusnul)
“Iya apa mbak Khusnul? Jawab Hana
“Tolong kamu kasih tau anggota kamu buat gantiin kamu ngontrol syawir/musyawaroh sana Han”
“Iya,siap laksanakan mbak(dengan muka ngantuk dan senyum di paksakan),lalu Hana bangkit dari tidurnya”
“Tuh kan Han,kamu sih di kasih tau aku ngeyel.hahahahaha (ledek Habibah)
“Berisik lu Bib(sambil melempar bantal pada Habibah)
“Sabar kali Han,namanya juga tugas Negara.hehehe
 Setelah beberapa lama menunggu akhirnya pengurus putra pun memanggil kami
“Mbak-mbak yang ga hadir siapa aja?(  Tanya ketua asrama putra yang bernama bang Tamam)
“Hadir semua bang” Jawab mbak Khusnul
“oke,kalau begitu langsung saja saya mulay yah.Assalamualaikum wr.wb? Tanya bang Tamam
“Waalaikumussalam wr.wb “ Jawab seluruh pengurus
“Maksud saya mengumpulkan semua pengurus putra dan putri adalah untuk membentuk kepanitiaan untuk acara haul Baoak kyai bualn depan”Jelas bang Tamam
  Setelah beberapa sanggahan dari beberapa pengurus,akhirnya terbentuk lah kepanitian haul pak kyai bulan depan beserta seksi-seki nya.Aku dan Hana ada di bagian seksi acara dan di sandingkan dengan bang Tamam selalu  coordinator acara.
“(Setelah kumpulan bang Tamam menyuruh aku dan Hana jangan pulang dulu Karna ada hal yang harus di sampaikan).Habibah dan Hana jangan pulang dulu Ya,ada yang harus di omongin lagi terkit seksi acara”Jelas bang Tamam

“Iya bang (Jawab aku dan Hana)
  Setelah semuanya pulang ke kamar masing-masing,aku dan Hana sedang menunggu bang Tamam mengambil sesuatu di kamar nya.
“Bah,aku ngantuk banget beneran deh bah,Rasanya aku udah ga bisa melek lagi bah(sambil memperlihatkan jam tangan nya kepada Habibah)
“Sabar Han,aku juga ngantuk tapi mau gimana lagi ini udah tugas kita” Jawab Habibah tak kalah ngantuk nya
“Pokoknya bang Tamam harus anterin kita ngelewatin lorong ya Bah?
“Duuuh,kamu aja deh yang ngomong Han.Aku malu tau ngomong nya(sambil nyender ke pundak Hana)
“Kamu aja lah Bah,ini aku takut ngelantur ngomog nya.Orang udah ngantuk bgt gini(merubah posisi tidur miring dengan kepala di atas paha Habibah)
“Iiiih hana,jangan gitu dong nanti kalo bang Tamam dateng gimana? Rengek Habibah
“Bodo ah,aku ngantuk banget bah”Jelas Hana
  Dan akirnya Hana pun tertidur,tanpa di sadari ternyata bang Tamam sudah ada di depan aku.
“mbak habibah? Tanya bang Tamam
“Dalem bang? Maaf ya bang,ini Hana kayanya udah ga kuat mau tidur” Jelas Habibah
“Iya ga papa,ya sudah saya ngomong sama kamu aja” Jawab bang Tamam
“Iya bang,mau ngomongin apa lagi ya bang? Tanya Habibah
“Begini,kita kan sebagai seksi acara,yang mana tugas kita adalah membuat acara menjadi berjalan dengan lancer ya istilah nya kita yang memimpin acara.Jadi,ini tugas yang berat karena kita harus merancang nya dulu sebelum di serahkan ke seksi-seksi yang lain nya.Jadi karna ini sudah malam dan temen mu juga sudah ngantuk bagaimana kalau nanti saya ke kelas kamu di MAN untuk membahas ini? Tanya bang Tamam
“ya udah bang gimana baik nya aja,Bibah sih ikut aja “ Jawab Habibah
“Oke,kalo gitu ayo saya anter lewatin lorong?
“(dalam hati Bibah,duh ini bang Tamam peka banget sih,tau aja kalo mau minta di anter),Iya bang,makasih sebelum nya”
“Sama-sama,kelas XI IPA 1 kan? Tanya bang Tamam
“Iya bang” Jawab Habibah
“ya sudah besok pas istirahat saya ke kelas kamu” Jelas bang Tamam
  Setelah sampai di kamar aku dan Hana tidak langsung tidur karena kami berdua harus menyelesaikan tugas sekolah kami.Mungkin karena sudah terbiasa untuk bisa membagi Waktu antara tugas di pesantren dan juga tugas di sekolah ,jadi mau selarut apapun kami tidur pasti akan tetap di kerjaan.Inilah kebiasaan santri yang mungkin bisa di terapkan kepada orang lain,agar lebih bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan juga bisa membagi waktu untuk mengaji dan sekolah.Jangan jadikan identitas mu sebagai santri itu untuk menjadikan mu seseorang yang tidak kreatif dan berprestasi,justru santri itu peluang kreatif dan prestasi nya lebih banyak.
   Setelah menyelesaikan tugas sekolah,aku dan Hana tidur sekitar jam 02.30 tapi sebelum itu aku sempatkan untuk sholat tahajjud dulu sebelum akhirnya akupun tertidur di samping Hana.Keesokan harinya di kelas XI IPA 1
 “Assalamualikum Habibah? Tanya bang Tamam
 “Waalaikumussalam bang(sambil menunduk dan tersenyum)” Jawab habibah
“Ekhem,yang di sapa Habibah aja nih bang? Sindir Hana sambil senyum-senyum
“(Habibah menyenggong siku Hana) apaan sih Han? Bela Habibah malu
“Oh iya yah,assalamualaikum Hana tukang tidur.hehehehe” Ledek bang Tamam

“Waalaikumussalam,ih enak aja(manyun-manyun ga jelas)”Jawab Hana
“Hahaha becanda Han,langsung aja yu kita obrolin yang tadi malem belum selesei.Kita bahas di luar aja ya? Jelas bang Tamam
“Oke deh bang” Jawab aku dan Hana
 Setelah membahas rentetan acara yang akan di selenggarakan bulan depan,Aku dan Hana kembali ke dalam kelas karena ada guru yang masuk.Setelah itu kami mengikuti pelajaran sampe selesei,ketika perjalanan pulang menuju ke pondok aku sedikit menceritakan hal yang sangat mengganjal di dalam hati kepada  Hana.
“Han?
“Apa Bib?
“Han,bang Tamam itu gating banget ya Han? Udah pinter,ganteng,bijaksana duuh pokoknya top banget lah(sambil senyum-senyum sendiri)’ Jelas Habibah
“Hayooo,kamu suka ya sama bang Tamam”? Tuduh Hana
“IIh apa sih Han,aku Cuma kagum doing ko Han” Elak Habibah
“Alah bohong kamu ini,kayanya bang Tamam juga suka kamu deh Bib” Jawab Hana
“Ngarang kamu,ga mungkin lah.Udah ah jangan bahas lagi”
  Sesampainya di pondok seperti biasa kami mengambil jatah makan kami dan mengikuti rutinitas di pondok seperti biasanya,kuhilangkan sebentar perasaan yang aku rasakan ketika aku melihat bang Tamam,karena bagiku pendidikan lebih utama entah itu pendidikan yang bersifat umum atau  pun agama.prinsipku,jodoh ga akan kemana jadi aku akan mendekatinya dengan doa.
  Tak terasa acara Haul Pak kyai punhari  ini akan di selenggarakan selama 2 hari,yang pertama acara inti dan yang kedua adalah acara untuk para santri.
“Habibah,Hana nanti setelah acara selesei kita breafing dulu ya sebentar” Jelas mbak Khusnul
“Oke mbak” jawab aku dan Hana
 Breafing pun di mulay
“Oke,bismillahirrohmanirrohim assalamualaikum wr.wb” Tutur bang Tamam
“Waalaikumussalam wr.wb” Jawab semua panitia
“Alhamdulillahirrobilalamin puji syukur ke hadirat Allah SWT yang mana kita semua sebagai panitia di berikan tanggung  jawab dan kepercayaan dari keluarga dalem(keluarga Alm Bapak kyai) untuk mampu menjalankan dan mengatur seluruh susunan acara haul ini dan beribu-ribu terimakasih saya ucapkan kepada seluruh panitia yag sudah melaksanakan tugas nya degan baik sehingga kita bisa menyelesaikan tugas kita degan baik dan lancer sampe akhir.Setelah ini,saya harap kedepan nya jika ada acara besar lagi dan kita masih di berikan kepercayaan untuk menjadi panitia maka saya berhyarap akan terus kompak seperti sekarang,ada yang mau di tanyakan? Jelas bang Tamam
“Tidak ada bang” Jawab seluruh panitia
“Oke kalau begitu silahkan istirahat ke kamar masing-masing dan wassalamualaikum wr.wb” Jelas bang Tamam
“Waalaikumussalam wr.wb” Jawab seluruh panitia
  Dari kejadian ini aku bisa menyimpulkan bahwa tanggung jawab dan kepercayaan itu adalah satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan karena dua hal itu saling membutuhkan.Kenapa santri ketika sudah berada di rumah itu di butuhkan oleh masyarakat,itu karena masyarakat percaya bahwa kita sebagai santri bisa memajukan sebuah desa menjadi lebih maju lagi,bisa membuat masjid dan mushola menjadi ramai kembali.Dengan terbiasa bertanggung jawab dan terbiasa menghadapi acara-acara besar maka kita juga akan bisa menghadapi itu di dalam masyarakat.

Komentar